RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Hadirkan Mammogram untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan

Regional :

SUMENEP – RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep semakin lengkap. Rumah sakit terbesar di ujung timur Pulau Madura ini terus meng-upgrade pelayanan, baik dari segi sumber daya manusia (SDM) maupun alat kesehatan.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, rumah sakit yang saat ini dipimpin oleh dr. Erliyati telah menghadirkan alat baru, yakni mammogram. Kehadiran alat ini melengkapi layanan kesehatan yang diberikan rumah sakit yang terletak di Jl. Dr. Cipto, Kolor, Kecamatan Kota Sumenep.

Dokter spesialis radiologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Abdul Azis, Sp.Rad menjelaskan kegunaan mammografi atau mammogram. Menurutnya, mammogram adalah tes pemindaian yang menggunakan sinar-X untuk menangkap gambar jaringan payudara.

“Pemeriksaan medis melalui alat mammografi digunakan untuk memeriksa atau mendeteksi lebih lanjut apakah pada payudara pasien terjadi kelainan atau tidak,” terang Dokter Azis.

Lebih lanjut Dokter Azis menjelaskan, dengan pemeriksaan melalui mammografi, dapat segera diketahui apakah pada payudara pasien ada tumor, kanker, kista, penumpukan kalsium, atau kelainan lainnya pada jaringan payudara.

“Apabila ditambah pemeriksaan dengan alat lain seperti USG yang kita miliki, maka diagnosis akan semakin akurat,” lanjutnya.

Karenanya, Dokter Azis mengimbau agar masyarakat segera memeriksakan diri ke RSUD Sumenep apabila dirasakan ada kelainan pada payudaranya.

“Makin dini pemeriksaan maka makin mudah pengobatan, juga angka kesuksesan terapi akan makin besar. Sebaliknya, bila telat, maka penyakit akan sulit disembuhkan,” pungkas dokter yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumenep itu.

Sementara itu, Kasi Informasi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Erfin Sukayati, M.Kes berharap rumah sakit milik Pemkab Sumenep ini terus meningkatkan pelayanan dengan menghadirkan inovasi dan layanan-layanan terbaru serta terbaik untuk masyarakat.

“Doakan rumah sakit ini terus dapat menghadirkan yang terbaik untuk masyarakat. Tentunya dalam hal ini dukungan, kritik, dan saran dari masyarakat sangat membantu dalam proses menjadikan rumah sakit ini menjadi yang terbaik di Sumenep,” pungkasnya. (red)